Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PENYEBAB DOA TIDAK DIKABULKAN

Hasil gambar untuk doa

Menurut ustadz, apa penyebab doa seseorang tidak dikabulkan atau di ijabah oleh Allah

‘Azza wa jalla ? Mohon penjelasannya!


jawab 

Seorang ahli sufi , ibrahim ibn A‟dzam menjelaskan bahwa ada sepuluh doa hal yang mengakibatkan doa belum atau tidak diijabah oleh Allah 'Azza wa jalla ,yaitu:

 1) Engkau mengenal Allah 'Azza wa jalla, tetapi tidak memenuhi hak-hakNya.

 2) Kalian banyak membaca al-Quran, tetapi tidak pernah mengamalkanya. 
 
 3) Kalian mengaku mencintai Rasulullah, tetapi meninggalkan sunnah-sunnahNya. 

 4) Kalian mengaku menjadi musuh setan, tetapi kalian malah menaatinya. 

 5) Kalian memohaon keselamatan dari siksa api neraka, tetapi kalian memasuki diri kedalamnya. 

 6) Kalian berharap masuk surga, tetapi kalian enggan memasukinya. 

 7) Kalian tau kematian pasti terjadi, tetapi kaliantidak mempersiapkan diri untuk menjeputnya. 

 8) Kalian sibuk dengan aib orang lain, tetapi aib sendiri kalian tidak mengetahuinya. 

 9) Kalian banyak menikmati nikmat Allah 'Azza wa jalla, tetapi tidak mensyukirinya,dan 

 10) Kalian sering ikut menguburkan mayat,tetapi tidak pernah mengambil i‟tibar darinya. ` 

Dari penjelasan Tersebut dapat dipahami bahwa sebuah doa belum atu tidak dikabulkan bukanlah kesalahan Allah 'Azza wa jalla sama sekali, tetapi kesalahan kita sendiri. Kesalahan–kesalahan tersebut antara lain sebagai berikut :


  1. Kita belum Sungguh-sungguh berdoa dengan penuh keimanan dan keyakinan kepada Allah 'Azza wa jalla. Doa yang kita lakukan harus  penuh keyakinan dan keimanan kepad Allah 'Azza wa jalla. Kita harus yakin bahwa Allah maha mendengar dan mengabulkan doa hamba-Nya. Oleh karena itu kita tidak boleh berhenti dan menyerah untuk berdoa kepada Allah, karena bisa Allah ingin melihat kesungguhan hati dan kesabaran kita dalam berdoa. Contohnya Nabi Ibrahim membutuhkan waktu bertahun-tahun agar doa dikabulkan , Apalagi kita belum terkabul, karena kita berhenti berdoa dan meraasa ragu apakah Allah 'Azza Wa Jalla mendengar doa kita
  2. Kita belum sungguh-sungguh untuk taat dan beribadah kepada Allah 'Azza wa jalla. Bagaimana doa kita akan dikabulkan sementar kita tidak taat beribadah dan menyembah-Nya? Tentu Allah 'Azza wa jalla akan mengabulkan doa hamba yang dekat dan cinta kepadaNya. Sebaliknya hamba yang malas beribadah dan tidak mau menyembahnya, atau menyembahnya dengan berat hati dan merasa terpaksa, maka doanya tidak akan dikabulkan oleh Allah 'Azza wa jalla.
  3. Kita tidak mau atau jarang bebuat kebaikan kepada sesama manusia. Nabi Muhammad shalallahu alaihi wassalam pernah mengatakan, “Siapa yang berbuat kebaikan pada yang ada dibumi, maka yang di Langit akan berbuat kebaikan padanya.”Artinya,jika kita mau membantu sesama manusia maka Allah dan malaikat-Nya akan membantu pula kesulitan kita.
  4.  Kita melakukan perbuatan yang membuat Allah 'Azza wa jalla marah kepada kita,yaitu perbuatan yang dilarangNya, kita menganiaya orang lain, durhaka pada orang tua, menipu orang lain, mengingkari  janji, tidak amnah dengan pekerjaan, memakan barang yang haram dan  bukan hak kita, korupsi dan suka memperturutkan hawa nafsu dengan menyimpang seperti berbuat zina, berselingkuh padahal sudah memiliki  pasangan hidup. Termasuk sering cekcok dan bertengkar suami istri, menyebabkan doa kita tidak dikabulkan oleh Allah 'Azza wa jalla.Kenapa? Karena Nabi pernah berdoa,agar Allah tidak mengabulkan doa suami istri yang sering bertengkar dalam rumah tangga.

Artikel ini ambil dari buku yang berjudul ” Anda Bertanya Ustadz Menjawab”

yang dikarang oleh H.Amirullah Syarbani, M.Ag. dan Dr.H.Hasbiyallah, M.ag.