Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

KISAH-KISAH TAUBAT 1


Dia dulunya seorang pemuda yang asing dengan agamanya, melupakan Tuhannya, dan melalaikan dirinya. Sampai-sampai karena dia merugikan orang lain, banyak orang yang mendoakan kebinasaan terhadapnya.
..
   Beberapa dai telah memberikannya nasihat, tetapi tidak dia dengarkan, dan mempertimbangkannya tapi tidak dia tanggapi. Ia hidup dalam kegelapan nafsu syahwatnya.
..
Salah seorang dai pernah menemuinya. Ia menasehati pemuda tersebut, hingga membuatnya menangis. Dai itu menyangka pemuda tadi telah memenuhi seruan Allah dan Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa sallam. Tapi tidak ada gunanya, pemuda itu kembali seperti semula seakan-akan tidak pernah mendengar nasihat apa pun.
...
          Ia tidak mengenal masjid, bahkan shalat jum'at. Ia keluar dari rumahnya setelah waktu Isya bersama-sama kelompok berandalan, dan tidak pulang sampai menjelang subuh, kemudian tidur sepanjang siang.
 ...
Ia tinggalkan tugas dan sama sekali tidak bekerja, sehingga rugi dalam masalah agama serta dunia. Ibunya selalu meratapinya dengan tangisan karena melihat kenyataan hidup anaknya, bahkan sampai menginginkan anaknya mati saja.
..
Ia tidur diselingi lagu-lagu dan bangun juga seperti itu. Disekelilingnya gambar-gambar porno, dan komedi, serta segala yang dapat menghancurkan keimanan. Bahkan, diketahui sang pemuda ternyata mengkomsumsi narkoba, yang mengakibatkan akal dan jiwanya rusak.
..
Begitu lama ia menyimpang dari Allah, sedangkan kemurahan Allah selalu melindunginya.
...
Begitu lama ia membangunkan-Nyam, sedangkan Allah masih memberinya waktu. Begitu banyak ia berbuat maksiat sedangkan nikmat Allah senantiasa mengelilinginya.
..
Ia mendengar segalanya, kecuali Al-Qur'an . Ia mengetahui apa saja, kecuali masalah Agama. Ia menyukai semua yang ada, kecuali zikir kepada Allah dan yang semisal.
..
       Subhanallah! Bagaimana hati bisa menjadi tentram bila tidak pernah mengenal Allah? Bagaimana inderanya bisa tinggal diam ketika ia berpaling dari Allah "Azza wa jalla?
 ..
hari-hari hitamnya berlalu dengan maksiat, kotor berdebu dengan hal-hal yang bertentangan dengan agama.
.
salah seorang alim memikirkan cara baru guna mengeluarkan pemuda yang selalu berbuat maksiat ini dari kemaksiatannya. Cara itu adalah; menghadiahkan kaset islami, memasangnya di rumah dan di mobil. Kaset islami yang merekam ilmu, suara, dan pengaruh sang penceramah.
..
Akhirnya orang tadi mengahadiahi pemuda ini dengan kumpulan kaset, yang diharapkan dapat membawa pengaruh positif baginya.  Diambilnya kaset itu dan hanya diletakkanyadi mobil, tidak terlalu diperhatikan untuk mendengarkannya.
..
kemudian ia pergi melancong ke Dammam. Sepasang jalan ia mendengar lagu dan nyayian. Lalu mencoba mengganti waktu luangnya dengan mendengar sebuah kaset Islami. Ia ingin melihat bagaimana orang-orang ini berbicara serta bagaimana orang-orang ini berbicara serta bagaimana metode mereka dalam retorika.
 ..
mualailah kaset tersebut memancarkan gelombang-gelombang iman. Begitu jelas mengudara secara langsung dalam kebenaran, lewat siaran ikhlas.
..
sang pemuda pun mendengarkan kaset. Kaset itu bebrbicara tentang " orang-orang yang takut kepada Allah." Kalimat demi kalimat sampai ke hati sang pemuda, lalu menetap di sana, di dalam tempat yang kokoh. Berakhir kaset tadi, sementara sang pemuda muali merenung untuk menerima hidayah yang disampaikan dalam kaset itu. Kekuatan-kekuatan  yang ada di benaknya berterbangan, dan ia  melihat kembali hitungan amalnya beserta Allah 'Azza wa jallla.
..
Ia pun memasang kaset ke dua. Topiknya tentang " orang-orang yang betaubat." Melalui pikirannya., sang pemuda berkelana menuju masa silamnya yang menyedihkan dan membuatnya menangis. Maka, kaset dan tangisannya saling beradu din tengah-tengah rangkaian nasehat tepat di depan hatinya. Seakan-akan lidah mengulang-ulangi ayat: " Hai orang-orang berikman, penuhilah seruan Allah dan seruan Rasul apabila Rasul menyeru kamu kepada suatu yang mmeberi kehidupan kepada kamu."( Al-Anfal : 24)
..
Ia semakin mendekati kota Dammam dan hampir saja mobilnya tak terkendali karena ia begitu terpengaruh isi kaset. , Aliran iman benar-benar telah masuk ke dalam jasadnya, dan benar-benar membuatnya bergetar.

Dan kamu lihat gunung-gunung itu, kamu sangka dia tetap di tempatnya, padahal ia berjalan sebagai jalannya awan. (Begitulah) perbuatan Allah yang membuat dengan kokoh tiap-tiap sesuatu; sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. (An- Naml : 88)

lalu ia memasuki kota tersebut. Sementara titik iman mulai meresap ke relung hatinya.
..
Kehidupan telah berubah. ia memulai. Ia mulai melihat kehidupan dengan pandangan seorang hamba yang telah bertaubat. Padahal sebelumnya hamba yang telah bertaubat.  Padahal sebelumnya, ia melihat kehidupan dengan pandangan orang yang berpaling dan menyeleweng,

Ia muali ke masjid dan berwudhu dengan air yang bercampur air mata.

Ia masuki masjid , lalu membuka lembaran kehidupannya dengan shalat dan memulai kehidupan baru.

Dan katakanlah: "Yang benar telah datang dan yang batil telah lenyap". Sesungguhnya yang batil itu adalah sesuatu yang pasti lenyap. (Al-Isra : 81)

Ia kembali menemui keluarganya dengan selamat dan mendapatkan kekayaan; selamat dari perbuatan-perbuatan maksiat, dan mendapat kekayaan berupa ketaatan ia memasuki rumanya dengan raut wajahnya yang berbeda dengan raut wajahnya ketika pergi. Sebab, ia dulu pergi dengan wajah penuh maksiat, dosa, dan nista. Sekarang ia kembali dengan wajah putih karena cahaya ketaatan, taubat, dan kembali kepada Allah.
..
Keluarganya pun terheran-heran. " Apa yang terjadi padamu hai anak muda? Ada apa ?" Ia menjawab, "Telah terjadi satu hal terbesar dalam hidupku. Aku telah kembaliu kepada Allah. Aku telah mengetahui jalan menuju Allah. 
.
Mengalir air matanya, lalu air matanya mereka pun mengalir bersamanya disebabkan bahagia. Dari matanya, berlinang air matanya, berlinang air mata yang menjadi air mata kebahagian.
..
Cahaya rumah bersinar, orang-orang saling memasang telinga dan mulai mendoakan orang yang telah bertaubat dan kembali sadar ini. Selamat baginya dengan ampunan Tuhan .
Mereka itulah orang-orang yang Kami terima dari mereka amal yang baik yang telah mereka kerjakan dan Kami ampuni kesalahan-kesalahan mereka, bersama penghuni-penghuni surga, sebagai janji yang benar yang telah dijanjikan kepada mereka.

Referensi: https://tafsirweb.com/9582-surat-al-ahqaf-ayat-16.html

Mereka itulah orang-orang yang Kami terima dari mereka amal yang baik yang telah mereka kerjakan dan Kami ampuni kesalahan-kesalahan mereka, bersama penghuni-penghuni surga, sebagai janji yang benar yang telah dijanjikan kepada mereka." (Al-Ahqaf :16)

  •  kisah kisah taubat diambil dari buku "Selagi Masih Muda" karya Dr.A'idh Al-Qarni,M.A.
Mereka itulah orang-orang yang Kami terima dari mereka amal yang baik yang telah mereka kerjakan dan Kami ampuni kesalahan-kesalahan mereka, bersama penghuni-penghuni surga, sebagai janji yang benar yang telah dijanjikan kepada mereka.

Referensi: https://tafsirweb.com/9582-surat-al-ahqaf-ayat-16.html